BANG ZUKRI SAAD Aktivis Sejati

Oleh : Azizon Nurza

Bila bertemu dengan Bang Zukri, maka kita akan dibawa kedalam alam pikir yang penuh dengan ide-ide cemerlang dan berpikir dari cara pandang yang lebih kreatif inovatif. Serta semangat kita akan dibakar dan dibuat makin membara untuk terus berkarya dan mengabdi kepada masyarakat dan bangsa.

Beliau bukan sekedar aktivis tapi merupakan tokoh inspiratif yang terus bergerak, terus mengabdi, terus berkarya dan terus mengeluarkan ide-ide pemikiran yang cemerlang dan visioner. Usia bagi beliau hanya deret angka, yang tak mengurangi semangatnya, ide pemikiran dan karya-karyanya. Fisiknya luar biasa, tak pernah lelah, selalu siap turun kelapangan. Bang Zukri akan sangat berbahagia bisa bergelut langsung membina dan membimbing masyarakat di pedesaan.

Saya bersyukur pernah bekerja satu Tim dengan beliau dalam rentang 2013 – 2015 untuk bersama-sama membawa misi besar mengawal hadirnya investasi industri batubara pertama dan terbesar di Aceh, yang merupakan daerah bekas konflik dan tsunami. Saat itu saya diamanahkan menjabat Manager CSR & Community Developmnet PT Mifa Bersaudara di Kabuapten Aceh Barat dan PT Bara Energi Lestari di Kabupaten Nagan Raya, dimana bang Zukri adalah advisornya.

Sebuah pengabdian yang penuh tantangan dan tidak mudah, berbagai masalah harus kami hadapi namun berkat dukungan para senior tambang nasional yang menjadi eksekutif saat itu, seperti pak Irawan Poerwo, Harry Asmar, Slamet Haryadi, Irsan S Gading dan Ricky Nelson serta seorang tokoh pendidikan Aceh yang juga mubaligh, DR. Tgk. H. Gunawan Adnan, Phd, tugas mengawal investasi ini berhasil sehingga bisa terus tumbuh dan diterima oleh masyarakat Aceh. Disaat sama, pernah ada 2 investasi besar yang gagal berkembang dan ditolak masyarakat sampai saat ini.

Alhamdulillah, pondasi stakeholder & community relations dan program corporate social responsibility (CSR) yang pernah dibuat di Aceh dengan motto, “Tumbuh, maju dan berkembang bersama masyarakat Aceh” telah menampakkan hasil yang luar biasa, PT Mifa Bersaudara dan PT Bara Energi Lestari dalam usia yang muda sudah mendapatkan puluhan penghargaan dibidang CSR & Public Relations, mulai tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional dan nominasi ditingkat international. Peran dan rancangan skenario dalam interaksi dengan masyarakat pemangku kepentingan dan penerapan program Tanggung Jawab social Perusahaan (community relation and CSR) diwarnai oleh konseptualisasi Abangda Zukri, yang cukup dominan menghadirkan prestasi demi preastasi yang kini diperoleh.

Disaat sama saya secara pribadi juga sudah 3 tahun berturut-turut mendapat anugerah Manager CSR & Public Relations terbaik. Tahun 2018 mendapat anugerah Manager CSR terbaik Indonesia dalam ajang Indonesia Sustainability Development Awards (ISDA) dari Menteri BPN/ Kepala Bappenas RI di Jakarta, tahun 2019 mendapat anugerah Manager CSR & Public Relations Terbaik dari Majalah CSR Indonesia di Bali dan pada tahun 2020 mendapat anugerah The Best Figure CSR & Public Relations Indonesia dari Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Rully Indrawan didampingi Menteri Perdagangan Malaysia, Datok Baginda Raja Muhammad Radi bin Abdul Razak di Bali.

Secara adat saya mendapat Anugerah Kehormatan Adat dari Majelis Adat Aceh (MAA) Aceh Barat dibawah kepemimpinan Ayahanda Kolonel (Purn) Tjut Agam, anugerah Warga Kehormatan Aceh Barat dari Forum Imam Mukim Se Aceh Barat dibawah kepemimpinan Mamak Syahidin dan Gelar Santri Kehormatan dari Dayah Serambi Aceh dibawah pimpinan Tuan Guru H. Abu Mahmuddin.

Human relation skill, Social communication skill dan leadership style merupakan warisan Bang Zukri untuk kami perusahaan harus mendapatkan kerelaan dan dukungan sosial dari masyarakat sekitar industry untuk boleh terus beroperasi, yang dikenal dengan istilah social license to operate.
Terimakasih seniorku, terimakasih guruku dan terimakasih inspirasiku abangda Zukri Saad, semoga apa yang dilakukan menjadi amal ibadah dan teruslah berkarya dan memberi inspirasi bagi anak bangsa di seluruh tanah air.

Salam Pemberdayaan! Salam Kemerdekaan!

Pekanbaru, 17 Agustus 2020

————

Azizon Nurza, SPi, MM, MIPR, CPM, Praktisi CSR & Public Relations Indonesia, asal Riau dan Mantan aktivis 1998 yang 3 tahun berturut-turut (2018-2020) meraih predikat Manager CSR Terbaik di Indonesia.

Adikku Zukri | Azmi Saad