PAK ZUKRI SAAD DI SSSE

Oleh : Sri P. Christiningsih

PEMERSATU LINTAS GENERASI. Mengenal sosok inspirator yang satu ini membuat Anda geleng kepala. Beliau adalah Bapak Zukri Saad. Beliau bergabung dengan PT. SMART Tbk., pada tahun 2015 sebagai Kepala Divisi NSE-SCR&CSR ( National Stakeholder Engagement, Social Conflict Resolution & Corporate Social Responsibility). Kebetulan sekali, selain saya menjadi secretary Head of Sustainability Implementation dan National Corporate Communication juga diberi kesempatan merangkap sebagai sekretaris beliau  sejak 1 Agustus 2015 sampai 1 Maret 2017. Setelahnya, sebab melihat kesibukan saya yang menghandle 3 divisi di Direktorat Sustainability & Strategic Stakeholder Engagement, membuat Pak Zukri mencari seorang sekretaris khusus untuk divisi beliau.

 

Pak Zukri biasa dipanggil Uwan oleh  sebagian anak2 NSE-SCR&CSR. yang terasa asing di telinga saya. Tim ini saya lihat begitu akrab antara atasan dan anak buah seperti sebuah keluarga, sehingga panggilan untuk Boss adalah panggilan Pak Zukri di ranah Minang, Uwan. Uwan adalah panggilan untuk yang lebih tua. Hal ini untuk pertamakali dalam perjalanan karir saya selama 36 tahun, saya melihat ketiadaan jarak antara boss dan bawahan. Mereka sesame tim saling terbuka dalam hal komunikasi. Ketentuan usia bukanlah penghalang dalam penempatan diri di divisi ini, sangat unik.

Menurut teman-teman, sosok Bapak ini sebagai sesepuh yang mengayomi, santai dan bijaksana dalam pengambilan keputusan. Rasa kekeluargaan telah melandasi pertemanan dalam hubungan kerja yang harmonis. Anggota tim dianggap seperti anak-anaknya, yang dengan leluasa senantiasa menyampaikan berbagai masalah dalam tugasnya dan menyelesaikannya dengan pendampingan yang intensif dari Pak Zukri Saad. Saya menyebutnya sebagai Bapak Icon Lintas Generasi, yang mampu mempersatukan tim agar dapat bekerja lebih produktif dalam tugas masing-masing.Pekerjaan dilaksanakan secara terintegrasi, sehingga tidak ada gap atau pekerjaan yang redundant.

Dalam keharmonisan ini, saya sungguh turut merasakannya pada saat ada beberapa acara team gathering di divisi NSE,SCR &CSR ini. Meski efektif 1 Maret 2017 saya tidak lagi bekerja bersama Pak Zukri, namun ketika divisi ini melaksanakan acara gathering ke Bandung, saya diajak bergabung. Sungguh luarbiasa, saya berterimakasih atas undangan itu. Kami satu divisi menginap 1 malam di tengah hutan yang jauh dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari dan tidak ada sinyal. Sungguh tak terlupakan, kesempatan yang rasanya tidak pernah akan saya dapatkan lagi.

Acara kedua, saat ada acara CSR gathering di Jogya, sayapun diajak lagi menginap bersama tim. Rupanya divisi ini sangat dinamis, hingga akhirnya saya tahu bahwa CSR yang tadinya berada dibawah Pak Zukri telah beralih berada dibawah Sustainability Implementation. Dengan mengikuti kegiatan mereka seperti ini, bagi saya merupakan hal berharga yang boleh saya kenang di sepanjang hidup saya.

Kenyamanan tim dan rasa kekeluargaan yang dibangun oleh beliau adalah asset mahal dalam kehidupan saya. Bagaimana tidak? Seiring dengan pergerakan / dinamika perusahaan, maka restrukturisasi dilakukan. Meski beberapa teman sudah menemukan tempat baru diluar Sinarmas, namun kami masih tetap bersilahturahmi melalui group WA sampai saat penulis menuangkan rasa bersyukurnya kedalam kertas ini.

Inilah asset termahal yang saya tidak dapat melepaskannya. Ketika group sepi, Pak Zukri selalu mengirimkan postingan yang edukatif dan menggelitik memancing reaksi group member, jadi ramai lah group WA kami. Sampai sekarang,  meski saya tidak muda lagi seperti yang lainnya, namun keakraban antara anak dan emak menjadi tercipta karena beliau. Begitulah Bapak pemersatu lintas generasi ini mengukir cerita bersama timnya.

KELILING RUANGAN, BERSELOROH & MEMOTIVASI. Hal lain yang saya perhatikan dari beliau yang sekarang menjadi seorang Advisor di SSSE adalah ; setiap pagi, ketika saya baru datang hampir selalu terdengar suara Pak Zukri yang sedang berkeliling dan asyik bercanda atau berbagi cerita apa saja dengan tim lain. Satu candaan beliau ini saya catat sebagai salah satu hobby dan selalu menjadi canda tawa kami yaitu menjodohkan orang hahahaha.  Ini yang membuat suasana jadi seru dan akrab. Walaupun pekerjaan di SSSE sedang menumpuk dan kami sedang pusing, begitu ada Pak Zukri langsung relax … ngakak..dan pasti ada informasi yang berguna.

Ciri khas beliau salah satunya adalah memakai topi seperti topinya Pak Tino Sidin  dan suara baritonnya yang terdengar dari radius 50 meter dengan candaan santai ditengah ketegangan pekerjaan yang ada, sungguh akan membuat kami teringat selalu. Beliau selalu mengecek apa yang sedang kami lakukan, mengecek makanan yang kami konsumsi. Tapi giliran ditawari makanan kami, langsung beliau menolak. Takut sama istri katanya, karena sedang diet Keto (Ketogenic diet) atau Keto fastosis yang mana sudah dibuktikan oleh isteri beliau bahwa dietnya berhasil dan membuat beliau selalu sehat tanpa karbo. Saya sudah mencoba diet ini, tapi tidak kuat.

Memang kelihatan sekali Pak Zukri ini disiplin menjalankan diet keto sehingga saya tidak pernah mendengar Pak Zukri sakit. Beliau adalah typical suami yang sangat mencintai keluarga, menghargai dan taat pada saran dari isteri terlebih perihal kesehatan. Putra putrinya juga menjadi anak2 yang tangguh dan mandiri. Saya salut dan banyak belajar dari beliau, meski masih terseok dalam menjalankannya.

Dalam kesempatan2 santai seperti ini Pak Zukri sering tanpa disadari sudah berbagi banyak hal yang bermanfaat baik dalam hal pekerjaan, maupun kehidupan sehari-hari. Terlebih tentang kesehatan di usia yang tidak lagi muda seperti saya. Saya harus berterimakasih untuk hal in.  Banyak ilmu2 bermanfaat dan nilai-nilai yang Bapak ajarkan misalnya tentang pentingnya hubungan baik, keberanian, kerendahatian ( low profile), kejelian menangkap peluang & kecepatan dalam membuat strategi dan masih banyak lagi hal lainnya yang manfaat bagi kemaslahatan.

TERIMAKASIH PAK ZUKRI. Bulan September 2020 adalah bulan terakhir beliau bergabung bersama Sinarmas karena sudah selesai masa PKWTnya. Tgl 2 Oktober 2020 adalah hari terakhir beliau berada di kantor. Kebetulan sayapun juga sebentar lagi akan selesai masa PKWT, yakni di bulan Desember 2020.

Ucapan terimakasih saya sampaikan kepada Pak Zukri atas kebaikan, encouragement dan motivasi yang ditanamkan, juga semangat yang saya lihat bahwa walau usia tidak menghalagi manusia untuk terus produktif telah menjadi inspirasi bagi sesama.

Semoga Pak Zukri selalu diberikan kesehatan dan kebahagian serta terus berkarya meski sudah pensiun dari PT. Smart Tbk. Keberkahan senantiasa bersama dengan Bapak, dimanapun dan kemanapun Bapak berada. Terimakasih Pak Zukri… berkat terus menanti.

Quote of  the Day to Pak Zukri :

“Live the Life of Your Dreams:  Be brave enough to live the life of your dreams according to your vision and purpose instead of the expectation and opinions of others” ( Roy T. Bennett)

Jakarta, 10 Agustus 2020

————

Sri P. Christiningsih, menetap di Bekasi. Senior Secretary untuk Head Sustainability Implementation – Dit. NSSE, PT. SMAT Tbk (2005 – 2020).  Mengalokasikan lebih dari 30-an tahun sebagai Sekretaris professional, di berbagai perusahaan multi-nasional, diantaranya Skanska Asea Balfour Beatty (1985 – 1989) ; Asea Brow Boveri (1990 – 1997); Booz Allen & Hamilton (1997 – 2003).

Adikku Zukri | Azmi Saad